Pengertian dari AC pendingin ruangan

apa itu ac, pengertian ac
Pengertian AC - AC yaitu kepanjangan dari kata (Air Conditioning) atau biasa dibaca (ASE) atau Penyejuk udara. AC adalah suatu alat untuk mendinginkan dan menyejukkan udara di dalam ruangan yang tertutup.

AC merupakan sebuah proses mengubah sifat-sifat udara (terutama suhu dan kelembaban). dan AC dapat merujuk pada segala bentuk teknologi pendinginan, pemanasan, ventilasi, atau disinfeksi yang memodifikasi kondisi udara.AC (sering disebut sebagai AC atau penyejuk udara) adalah suatu alat, sistem, atau mesin yang dirancang untuk mengubah suhu dan kelembaban udara dalam suatu area (digunakan untuk pendinginan dan kadang-kadang pemanasan tergantung pada sifat udara pada saat tertentu), biasanya menggunakan siklus refrigerasi tapi kadang-kadang menggunakan penguapan, biasanya untuk pendinginan kenyamanan dalam bangunan dan kendaraan bermotor.

Konsep dasar AC dik etahui telah diterapkan di Mesir kuno dimana alang-alang tergantung di jendela-jendela yang menyebabkan air menetes. Penguapan air didinginkan udara bertiup melalui jendela, meskipun proses ini juga membuat udara lebih lembab. Di Roma kuno, air dari saluran air diedarkan melalui dinding rumah tertentu untuk mendinginkan ruang tersebut.

Teknik lainnya di Persia abad pertengahan melibatkan penggunaan tangki air dan menara angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas. AC modern muncul dari kemajuan kimia / ilmiah selama abad 19, dan pengkondisian udara skala besar pertama listrik ditemukan dan digunakan pada tahun 1911 oleh Haviland Willis.

Manfaat dan Kerugian menggunakan AC bagi kesehatan
Sistem pendingin udara dapat meningkatkan pertumbuhan dan penyebaran mikroorganisme, seperti Legionella pneumophila, agen penular yang dapat menyebabkan penyakit legiuner ', atau aktinomisetes termofilik, namun, ini hanya terjadi di mana AC kurang terawat. Selama AC ini tetap bersih (biasanya dengan cara pengobatan klorin), makabahaya kesehatan bisa dihindari.

Sebaliknya, AC (termasuk filtrasi, pendinginan humidifikasi, dan desinfeksi) dapat digunakan untuk memberikan keadaan yang bersih, aman, suasana hypoallergenic di kamar operasi rumah sakit dan lingkungan lain di mana suasana yang tepat dan sangat penting untuk keselamatan pasien dan kenyamanan selama berada di sebuah ruangan.

AC dapat memiliki efek negatif pada kulit, pengeringan kulit keluar, dan juga dapat menyebabkan dehidrasi. Tetapi AC memiliki efek positif pada penderita alergi dan asma. Perlu diketahui AC merupakan salah satu penyebab Pemanasan Globa.


Terimakasih sudah membaca artikel tentang Pengertian AC , Semoga artikel ini dapat menambah manfaat dan wawasan anda. :)

2 komentar:

  1. Terima kasih banyak Gan, sangat membantu....
    kebetulan aku lagi cari teorinya.....
    thanks......

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat, terimakasih infonya:) check this out

    BalasHapus